Selasa, 02 Oktober 2012

PYRAMID workout, what?how?

Begitu banyak jenis pola latihan dan juga masing-masing pola latihan memiliki variasi yang berbeda. Hal inilah yang tekadang membuat para anggota gym khususnya yang masih pemula menjadi bingung untuk memilih yang mana terlebih lagi dari hasil "pantauan" mereka melihat anggota lain berlatih dan juga mendengan dari teman-teman mereka yang juga masih sama-sama baru. Artikel ini mungkin akan sedikit membantu, the bottom line is apapun pola latihan dan variasi tentunya baik bila digunakan dengan cara dan waktu yang tepat.
Saya akan membahas pola latihan pyramid, tau pyramid kan?bentuknya sudah terbayang? nah pola latihan ini ada yang disebut "pyramid up" dan "pyramid down".

Biasanya bila kita berlatih kita menggunakan pola 3 sets dengan 10 repetisi tiap set, contoh misalnya :
bench press:
set 1 : 10 rep x 20kg
set 2 : 10 rep x 25 kg
set 3 : 10 rep x 30 kg

bisa dibayangkan pada set ke 3 disaat tubuh sudah hampir kehabisan tenaga justru saat itulah tubuh kita mendapatkan beban yang paling berat, hal ini akan membuat kita memaksakan kemampuan kita sehingga kita akan mengangkat beban tersebut tanpa form atau gerakan yang tepat. Apa yang dimaksud dengan form yang tepat dapat dibaca pada artikel saya sebelumnya disini....nah disinilah fungsi dari pola pyramid. contoh pola pyramid up akan seperti ini
set 1 : 10 rep x 20 kg
set 2 : 8 rep x 25 kg
set 3 : 6 rep x 30 kg

Dengan cara seperti ini kita akan mampu mengangkat beban yang berat tanpa kehilangan form dan momentum, untuk apa kita mampu menganngkat beban terberat tetapi tanpa form yang benar karena harus melakukan 10 rep dan di saat repetisi ke 6 power kita entah berada dimana.
Pola pyramid up tersebut bisa kita kombinasikan dengan pyramid down, contohnya seperti ini :
set 1 : 6 rep x 30 kg
set 2 : 8 rep x 25 kg
set 3 : 10 rep x 20 kg

Bila kita lihat di atas set pertama adalah beban terberat lalu set selanjutnya kita mengurangi beban tetapi repetisi yang bertambah. Kedua pola ini sangat baik untuk dikombinasikan,hanya saja pyramid down biasanya digunakan setelah pyramid up karena pada saat awal latihan atau br sampai di gym jangan langsung menggunakan beban terberat nah contoh kombinasinya seperti ini :

BENCH PRESS
set 1 : 12 rep x 20 kg
set 2 : 10 rep x 25 kg
set 3 : 8 rep x 30 kg

INCLINE BENCH PRESS
set 1 : 8 rep x 30 kg
set 2 : 10 rep x 25 kg
set 3 : 12 rep x 20 kg

....So what are u waitting for??go to the gym and lift....do your hard workout and reach your goals.....ALWAYS STAY HEALTH
  ANY QUESTION?CLICK HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar