Rabu, 03 Oktober 2012

8 MAKANAN SUMBER ANTIOKSIDAN


Saya menemukan artikel menarik di majalah kesehatan, menurut saya artikel ini menarik jadi saya akan menuliskan di blog ini agar berguna bagi mereka yang tidak berlangganan majalah tersebut. Makanan yang mengandung antioksidan sangat baik bagi tubuh dan dalam artikel ini terdapat 8 macam makanan yang mengandung antioksidan tinggi, antara lain :

PASTA GANDUM
Pada awalnya pasta gandum diyakini mampu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner karena kandungan seratnya yang tinggi, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut terbukti bahwa kandungan polifenol dalam pasta gandum tersebut yang paling berperan

POPCORN
Penelitian mengungkap bahwa popcorn memiliki kandungan polifenol 4 kali lebih besar daripada buah-buahan. Ini menjadikan popcorn sebagai salah satu pilihan snack yang sehat.

TELUR
Telur mengandung antioksidan liuten yang berfungsi melindungi mata dari katarak dan mencegah kerusakan mata. Kandungan liuten dalam telu dapat diserap tubuh 3 kali lebih efektif.

KACANG
Semua jenis kacang memiliki kandungan polifenol terutama senyawa asam p-coumaric yang dapat meningkatkan antioksidan hingga 22%. Kacang sangrai memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan strawberry atau apel dan wortel

YOGURT
Satu cangkir yogurt memiliki kandungan riboflavin tinggi. Meskipun bukan antioksidan, riboflavin berperan dalam menunjang tugas antioksidan. Jika kekurangan riboflavin maka antioksidan tidak dapat menghancurkan radikan bebas dalam tubuh.


MINYAK CANOLA
Mengandung Alphatocopherol, yaitu antioksidan yang terdapat pada vitamin E. Di samping itu minyak canola menjadi sumber lemak tak jenuh yang berperan mengurangi kadar kolesterol LDL

SUSU
Susu mengandung carotenoid, beta karoten, dan lutien. Ada baiknya jika anda memilih susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah.


PEMANIS ALAMI
Penggunaan pemanis alami seperti madu sebagai pengganti gula akan meningkatkan kadar antioksidan yang diproduksi dalam tubuh anda.


Naaaah sudah lihat kan apa sih 8 macam makanan yang mengandung antioksidan. Tentunya semua makanan di atas sangat baik apabila kita makan dalam jumlah yang tepat. Sebaik apapun kandungan dalam makanan akan menjadi "boomerang" bagi kita bila kita menggunakan atau memakannnya dalam jumlah yang berlebihan. Tidak semua yang lebih banyak jumlahnya akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik...so be smart...be wise..and always stay health.



ANY QUESTION?CLICK HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar