Rabu, 26 September 2012

DROP SET workout routine, apa sih ini?caranya?


Sebelum membicarakan caranya ada baiknya kita mengenal dulu apa itu drop set karena tak kenal maka tak sayang kan.
Drop set ditemukan oleh Henry Atkins seorang editor majalah berjudul body culture pada tahun 1947. Sejak saat itu lebih dikenal dengan sebutan strip sets. Metode latihan ini bisa dilakukan dengan barbell, dumbell, atau machine untuk variasi. Drop set adalah variasi latihan dengan cara kita melakukan 3 set secara langsung namun set pertama kita menggunakan beban yang maksimal yang bisa kita angkat lalu lanjut set 2 namun turunkan beban anda sekitar 5-10%, dan set terakhir yaitu set ke 3 turunkan lagi bebannya sekitar 5-10% dan setiap set harus dilakukan sampai failure (otot sudah tidak kuat mengangkat walaupun dibantu)
.


3 set pada rangkaian pertama tadi kita hitung sebagai 1 set, lakukanlah sebanyak 3 set, pola ini disebut dengan "triple drop set". Lalu apa keuntungannya melakukan drop set ini? dengan melakukan 3 set secara langsung dan sampai mencapai tahap failure akan sangat membantu perkembangan otot kita. Saat intensitas latihan yang tinggi dibutuhkan maka drop set bagi saya menempati urutan pertama dari menu latihan saya.
Tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan, Drop set sangat mudah menyebabkan kita overtrain (merasa kelelahan yang amat sangat) maka sebaiknya drop set ini dulakukan tidak lebih dari 1 rangkaian untuk 1 grup otot. sehingga otot lain tidak merasakan stretch yang lama karena akan membutuhkan recovery time lebih lama dan akan mempengaruhi perkembangan otot.

contoh :
incline dumbell press 4 set x 12
incline dumbell fly 3 x 12
cable crossover 3 x 12
peck deck DROP SET 2 set ( 1 set=3 rangkaian drop set)

Semoga hal ini bisa berguna bagi pembaca...pertanyaan bisa dikirimkan lewat email saya .....keep pumping and always STAY HEALTH

ANY QUESTION?CLICK HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar