Jumat, 12 Oktober 2012

Cardio, sebelum atau sesudah latihan beban?


Saat pertama kali saya masuk ke dunia fitness saya selalu diberitahu oleh orang lain atau juga oleh personal trainner saya untuk melakukan cardio terlebih dahulu sebelum melakukan latihan angkat beban. Setelah saya jalani sekian lama saya merasa sangat lelah dan kehilangan tenaga pada saat melakukan angkat beban. Lalu akhirnya saya membuat sedikit perubahan dalam pola latihan saya. Angkat beban terlebih dahulu lalu baru melakukan cardio di akhir latihan dan hasilnya, AWESOME !!!.

 Kenapa saya katakan awesome? karena saya merasa tenaga saya tidak hilang saat mengangkat beban sehingga saya bisa berlatih secara maksimal dan tanpa saya sadari bahwa dengan melakukan cardio setelah angkat beban memberikan kesempatan kepada tubuh saya untuk lebih banyak membakar lemak.
Hal ini dibenarkan oleh seorang fitness model kelas dunia yaitu Obi Obadike,
Obi dikenal sebagai "the world's ripped fitness model" karena ototnya yang sangat sempurna dan simetris. Obi mengatakan bahwa untuk mendapatkan garis-garis otot yang baik tubuh kita membutuhkan lemak cadangan sebagai bahan bakar. Untuk melakukannya kita harus terlebih dahulu membakar glycogen yang ada dalam tubuh kita terlebih dahulu. Saat kita melakukan latihan beban di saat itulah tubuh kita menggunakan glycogen sebagai bahan bakar. Naaaah pada saat glycogen sudah terbakar habis saat latihan beban maka pada saat itulah kita melakukan cardio sehingga tubuh kita akan membakar lemak sebagai bahan bakar. Sampai sini sudah paham kah?

Kunci keberhasilan dalam melakukannya adalah EPOC, yaitu Excess Post-Exercise Oxygen consumption. EPOC terjadi karena tubuh kita membutuhkan energi setelah kita berlatih hal ini akan berlangsung pada saat anda berlatih dengan intensitas tinggi dibandingkan berlatih dengan intensitas rendah. Itulah sebabnya kita membutuhkan energi besar saat latihan beban dan bilamana kita melakukan cardio sebelum angkat beban maka kita tidak akan memiliki energi untuk berlatih beban dengan maksimal. Latihan beban dengan intensitas rendah akan mempengaruhi EPOC. University of Tokyo melakukan penelitian dan menemukan bahwa melakukan cardio setelah latihan beban akan membakar lemak lebih banyak pada 15 menit pertama dibandingkan cardio sebelum berlatih beban.
 Soooo....cobalah anda buktikan sendiri apakah hal ini benar-benar memberikan perubahan...and dont forget...Stay Health





ANY QUESTION?CLICK HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar