Jumat, 19 Oktober 2012

Ectomorph, Mesomorph, atau endomorph?yang manakah anda?


Banyak orang tidak menyadari mengenai body type apa yang mereka miliki. Khususnya bagi para pemula yang baru mulai ingin aktif di gym akan mencoba membaca dari majalah dan website mengenai pola latihan untuk bodybuilder kelas dunia atau juga pola diet bagi mereka yang ingin turun kompetisi. Apa yang mereka baca tidak salah sama sekali tapi disini harus dipahami dulu bahwa apa yang dilakukan para juara dunia tersebut belum tentu cocok bila dilakukan oleh kita. Semua itu tergantu dari sejauh mana kita mengenal tubuh kita sendiri. Tercapai atau tidaknya goal anda akan sangat ditentukan sejauh apa anda bisa mengenali mengenai body type anda. Naaaah...untuk itu di sini saya akan coba membahas mengenai body type sehingga anda bisa lebih mengenal diri dan tubuh anda sendiri dan anda bisa mencati tau lebih jauh mengenai apa pola latihan yang sesuai untuk anda.


ECTOMORPH
Ciri orang ectomorph biasanya terlihat kurus. Rangka kaki yang lebih panjang dengan bidan bahu yang lebih kecil dan tidak lebar dan tentunya akan lebih terlihat serat-serat ototnya. Ectomorph akan sangat sulit untuk menambah berat badan dan akan sangat sulit untuk menambah massa otot karena metabolisme tubuh yang sangat cepat sehingga pembakaran kalori dalam tubuh terjadi seketika. Orang ectomorph membutuhkan kalori lebih banyak untuk menambah beran badan. Pola latihan yang cocok untuk ectomorph biasanya menggunakan jangka waktu yang lebih pendek (tidak lebih dari 1 jam )dan lebih fokus pada kelompok otot besar. Orang ectomorph sangat dianjurkan untuk makan sebelum tidur untuk mencegah katabolik selama tidur.

MESOMORPH
Orang dengan tipe mesomorph biasanya memiliki rangka tulang yang besar dan juga jaringan otot yang besar, mereka cenderung memiliki tubuh atletik. Mesomorph memiliki kemudahan dalam menambah berat badan dan juga mudah untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Mereka cenderung memiliki kekuatan yang baik sehingga akan memudahkan mereka beraktivitas di gym. Mesomorph akan sangat cepet merespon aktivitas yang terjadi saat angkat beban sehingga mereka akan kelihatan lebih cepat mengalami proses walaupun untuk seorang pemula.

ENDOMORPH
Endomorph akan sangat mudah untuk menaikan berat badan, bisa dibilang sangat mudah sehingga harus berhati-hati karena tipe endomorph sangat mudah menambah kandungan lemak di dalam tubuh sehingga pola makan yang baik sangat dianjurkan. Untuk tetap menjaga kandungan lemak dalam tubuh agar tidak menjadi tinggi seorang endomorph harus melakukan latihan cardio sebanyak mereka latihan mengangkat beban agar kalori yang ada di dalam tubuh dapat selalu dibakar sehingga tidak menjadi timbunan lemak.

Naaaah sekarang anda sudah lihat kan ada 3 tipe di dalam tiap-tiap pribadi. Yang manakah anda kira-kira? Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk lebih mengenal tubuh anda sendiri....STAY HEALTH




ANY QUESTION?CLICK HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar