Selasa, 23 Oktober 2012

Mengatasi Rasa Bosan Saat Berlatih


Haiii all...
Kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi rasa bosan saat kita berlatih di gym, seringkali rasa bosan ini sangat mempengaruhi psikologis kita sehingga rasanya tenaga kita menghilang padahal itu hanya ada dalam pikiran kita. Selain itu pola latihan yang tidak berubah akan membuat kita mengalami apa yang disebut "overtrainning", yaitu keadaan dimana otot kita merasa sangat kelelahan akibat pola latihan yang tidak berubah-ubah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Hal tersebut sangat mudah diatasi namun akan sedikit sulit untuk dijalani. Ada beberapa cara yaitu :


  • BERIKAN VARIASI DALAM LATIHAN

Variasi latihan amat sangat penting untuk kita lakukan, hal ini untuk mengatasi kebosanan yang amat sangat akibat latihan yang tidak berubah-ubah. Ubahlah pola latihan anda setiap 4-6 minggu sekali dan jangan lupa gunakanlah alat yang berbeda karena alat yang anda gunakan juga akan berpengaruh besar pada otot yang akan anda latih. Selain itu dengan alat yang berbeda anda akan mendapatkan tantangan baru setiap kali latihan, misalnya bilamana anda bisa melakukan bench press dengan smith machine maka cobalah melakukannya dengan free weight maka anda akan mendapatkan tantangan baru karena dengan free weight anda akan ditantang bukan hanya mengangkat beban namun juga harus menjaga keseimbangan yang mana bila menggunakan smith machine kita tidak terlalu memikirkan keseimbangan. Karena dengan free weight bila anda tidak menjaga keseimbangan maka alat tersebut pasti akan terjatuh dan mencederai anda...naaah lebih tegang kan? Contoh lain lagi misalnya anda melakukan latihan dada dengan menggunakan gerakan flyes cable crossover maka cobalah beri perbedaan dengan menggunakan dumbell flyes maka anda akan merasakan sebuah pengalaman baru dalam berlatih.


  • BERIKAN VARIASI TERHADAP MENU LATIHAN

Ini sangat penting untuk dilakukan karena hampir 4x atau 5x seminggu kita berlatih dan dari hari ke hari kita selalu melakukan gerakan yang sama hanya saja mungkin beban kita tambah . Banyak menu latihan yang bisa kita variasikan sebenarnya, contohnya ada FST-7 , DROP SET, PYRAMID, 3S . Cobalah anda pelajari dan pahami dan pilihlah mana yang kira-kira sesuai untuk anda. misalnya bila anda setiap hari senin melatih otot dada dan tricep seperti menu dibawah ini :

  • bench press 3 set
  • incline bench press 3 set
  • decline bench press 3 set
  • chest press 3 set
  • tricep extension 3 set
  • tricep pushdown 3 set
Maka dengan adanya menu variasi di atas cobalah anda masukan ke dalam rutinitas latihan anda sehingga menunya menjadi seperti ini :

  • bench press 3 set
  • incline bench press 3 set
  • decline bench press 3 set (DROP SET)
  • chest press 3 set
  • tricep extension 3 set
  • tricep pushdown (FST7)
Cobalah anda lakukan , apakah anda masih merasa bosan dengan adanya tantang baru yang menanti anda setiap kali anda berlatih?


  • UBAHLAH WAKTU ANDA BERISTIRAHAT
Setiap kali kita berlatih dan telah melakukan 1 set gerakan dengan baik maka kita harus beristirahat sebelum mulai ke set kedua. Biasanya anda beristirahat 2-3 menit antar set. Demi memberikan variasi dan tantangan baru cobalah anda beristirahat hanya dalam waktu 30 detik atau 1 menit maka anda akan merasakan sesuatu yang baru karena pastinya otot anda akan berkontraksi lebih keras.


  • UBAHLAH WAKTU ANDA MELAKUKAN CARDIO
Banyak orang melakukan cardio sebelum melakukan angkat beban. Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk melakukan cardio adalah setelah kita selesai melakukan kegiatan angkat beban, mengapa?hal tersebut bisa anda baca di artikel saya disini

Okaaaay...saya harap tips sederhana ini bisa membantu anda semua untuk mengatasi rasa bosan saat berlatih....keep your mind always connect to your muscles and always STAY HEALTH





ANY QUESTION?CLICK HERE!

Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Rasa Bosan Saat Berlatih dan anda bisa menemukan artikel Mengatasi Rasa Bosan Saat Berlatih ini dengan url https://benedictusanto.blogspot.com/2012/10/mengatasi-rasa-bosan-saat-berlatih.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengatasi Rasa Bosan Saat Berlatih ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengatasi Rasa Bosan Saat Berlatih sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar