Rabu, 10 Oktober 2012

Latihan untuk pemula


Saya pernah menulis artikel untuk para pelaku gym di level advance dan dapat dibaca disini
 naaaah kayanya gak adil nih kalo saya juga gak menulis artikel untuk pemula. So...first of all saya hanya bisa memberi saran bahwa janganlah anda malu menjadi pemula karena para atlit yang anda liat sekarang mereka adalah pemula pada awal karirnya. Berbanggalah karena paling tidak sudah ada niat dalam diri anda. Banyak point yang harus anda perhatikan disini, saya akan mencoba menjelaskannya secara rinci. Karena banyak sekali saya lihat di gym para pemula yang datang dan berlatih tetapi apa yang mereka lakukan membuat mereka semakin jauh dari goal yang ingin mereka capai. Sayangkan uang dan waktu terbuang tetapi goal yang diinginkan tidak tercapai sehingga paling lama dalam 1 bulan mereka sudah berhenti dari aktifitas gym nya.
Terlebih lagi bagi para pemula yang "result oriented" maksudnya adalah mereka yang mau cepat berhasil, perlu diketahui bahwa pembentukan otot memerlukan proses panjang dan tidak mudah. Banyak tahapan yang harus dilalui untuk mencapai hal tersebut. Naaah sekarang kira-kira apa sih  point-pont yang harus diperhatikan bagi para pemula ? Mungkin bisa dibaca di bawah ini :

Awal yang baik bagi pemula
Saat anda baru pertama kali latihan janganlah langsung membuat target atau memilih pola latihan yang berat. Amati dan pantau terus progress yang anda buat dari waktu ke waktu. Hasil atau goal yang anda ingin capai masih berada di ujung jalan  dan harus dilalui dalam waktu dan proses yang lama. Jangan lupa bahwa kita semua menjalani yang dinamakan biosynthesis ( rangkaian perkembangan otot) sehingga hal ini membutuhkan waktu lama. Nah pada titik ini saya harap anda tidak frustasi dan berhenti berlatih.

Latihan dasar
Latihan bagi para pemula haruslah lebih mudah dari yang sudah di tingkat ahli karena otot dalam tubuh anda belum atau tidak siap untuk bekerja secara benar dan berat, artinya semakin berat beban yang anda angkat maka akan memberikan benefit semakin kecil pada serat otot. Goal pertama yang harus anda capai pada tingkat pemula adalah bagaimana melakukan tehknik yang benar baik dari segi gerakan dan juga pernafasan. Jangan memikirkan soal beban yang berat tetapi angkatlah beban yang ringan dan lakukan gerakan yang benar

Hubungan antara pikiran dan otot
Saat anda baru pertama kali mulai berlatih janganlah meniru atau mengadaptasi pola latihan atlit profesional atau juga pola latihan dari majalah-majalah yang anda baca. Bila anda melakukan ini maka anda telah melakukan kesalahan besar. Teknik yang baik akan membuat otot anda berkembang secara berkelanjutan. Pikiran dan otot anda harus memiliki kesatuan. Angkat beban yang ringan, rasakan otot yang bekerja secara maksimal. Anda boleh saja menambah beban setiap minggu atau bulan tetapi janganlah langsung melakukan lompatan besar dalam pemilihan beban.

Split body workout
Untuk pembentukan otot pola latihan split body workout sangat baik, yang dimaksud dengan split body workout adalah kita membagi pola latihan kita untuk beberapa hari dalam 1 minggu, split body workout yang bagus untuk para pemula adalah :
Senin : bicep + tricep
Selasa: OFF
Rabu  : Back + leg
Kamis: OFF
Jumat : Chest + tricep
Sabtu : OFF
Minggu: Shoulder + abs
Dilihat di atas berarti menu yang baik adalah one day ON dan one day OFF, hal ini agar tubuh anda mendapatkan kesempatan beristirahat karena tentunya bagi para pemula istirahat yang baik sangat dibutuhkan untuk perkembangan otot.

Repetisi
Repetisi yang anda lakukan setiap set sangat berpengaruh dan bisa dibilang menentukan goal anda. Lakukan tiap repetisi secara maksimal dan juga dengan form yang sempurna. Lakukanlah repetisi sebanyak 8-10 kali di minggu pertama anda berlatih dan lakukanlah 10-12 kali pada minggu selanjutnya apabila anda sudah merasa siap.

Set
Saat anda melakukan 1 rangkaian gerakan dan melakukan 8 atau 10 atau bahkan 12 kali repetisi ini disebut sebagai SET. tiap kelompok otot biasanya membutuhkan 2-3 set bagi pemula agar otot bekerja secara maksimal. Setiap 1 set selesai beristirahatlah selama 1 menit dan minumlah air. Misalnya set 1 anda melakukan 10 repetisi maka set selanjutanya anda boleh menambahkan beban tetapi kurangilah repetisinya menjadi 8 kali, ini disebut pyramid dan dapat anda baca pada artikel saya disini.

Pola latihan
Pola latihan terbaik bagi pemula adalah teknik compound dasar, mengenai hal ini dapat anda baca pada artikel saya disini . Gerakan compound seperti deadlift, squat, dan bench press akan memberikan anda benefit yang lebih dalam setiap latihan anda.

I think thats it......prepare your self , make a goal....keep a goodwork and always stay health bro
ANY QUESTION?CLICK HERE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar