Rabu, 10 Oktober 2012

Compound dan isolatioan


Untuk para fitness mania di tingkat advance pasti sudah gak asing lagi dengan istilah compound dan isolation exercise tapi bagi para pemula tentunya sangat membingungkan. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai perbedaan dan fungsi dari kedua jenis latihan ini. Karena dengan memahami setiap arti dan fungsi dari pola latihan akan memberikan kita kesempatan satu langkah lebih dekat dengan goal yang ingin kita capai. Kombinasi dari kedua jenis latihan ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan massa otot.
Baik compound atau islotaion akan saling melengkapi, banyak pertanyaan mengenai lebih baik yang mana dari kedua jenis latihan ini. Saya pribadi berpendapat kedua-duanya sangat baik bila dilakukan dengan tepat dan disaat yang tepat pula. Ok..here it this.

COMPOUND MOVEMENT
Compound movement adalah latihan yang menggunakan lebih dari satu kelompok otot dan melibatkan 2 joint dalam 1 gerakan, misalnya bila anda melakukan latihan bench press maka anda melakukan latihan tersebut dengan menggunakan 2 kelompok otot yaitu otot dada dan juga otot tricep seperti anda lihat pada gambar disamping. Pada saat melakukan "push" otot tricep anda akan ikut bekerja untuk mengangkat beban. Inilah yang disebut dengan multi joint karena melibatkan lebih dari 1 jenis kelompok otot bekerja dalam 1 gerakan. Compound movement sangat baik dilakukan pada saat kita ingin menambah massa otot karena tubuh akan bekerja lebih keras dan dalam 1 gerakan kita talah melatih lebih dari 1 otot sehingga perkembangan otot menjadi lebih cepat. Roger Earle penulis dari NSCA's Essential of Personal Trainning mengatakan compound exercise terbukti lebih efektif dalam membantu anda mencapai goal dibandingkan dengan isolation movement.

ISOLATION MOVEMENT

Isolation movement adalah latihan yang hanya menggunakan 1 jenis kelompok otot dalam 1 gerakan, Salah satu contohnya adalah bicep curl. Pada saat anda melakukan bicep curl makan yang bekerja hanya 1 otot saja yaitu otot bicep. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengisolasi 1 kelompok otot sehingga bisa bekerja secara maksimal.
Pola latihan isolation sangat baik untuk membentuk massa otot bicep dan tricep.

So....semoga artikel ini membantu anda semua. Sangat senang rasanya bisa memberikan sharing atas apa yang kita ketahui untuk orang lain...Stay Health guys
ANY QUESTION?CLICK HERE!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar